Perbedaan antara CSS dengan CSS3

Februari 28, 2017



css-logo 
         Halo, ketemu lagi dengan saya, pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel mengenai Perbedaan CSS dan CSS3, Sebelum kita membahas CSS3 terlebih dahulu akan saya Uraikan mengenai CSS. Apa itu CSS? CSS (Cascading Style Sheet) adalah salah satu bahasa pemrograman web yang digunakan untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehinggan akan terlihat lebih terstruktur dan seragam.
       CSS dikembangkan untuk mengatur gaya tampilan pada web. Pada awalnya CSS dikembangkan pada SSGML pada tahun 1970 dan terus dikembangkann sehingga saat ini CSS telah mendukung banyak bahsa Markup seperti HTML, XHTML, XML, SVG (Scalable Vector Graphics) dan Mozila XUL (XML User Interfaces Language).
Dibawah ini saya tuliskan sedikit contoh coding CSS :

<p style=”font-weight: bold”> Contoh Paragraf dengan style font-weight:bold</p>
<span style=”font-weight: bold”>Contoh SPAN dengan style font-weight:bold</span>

<p> contoh Paragraf tanpa style</p>
<span>Contoh SPAN tanpa style</span>
  •  Lalu, apa prngertian  CSS3 itu? 
      CSS3 merupakan generasi ke-3 dari perkembangan CSS sebelumnya, jadi pada dasarnya pengertian CSS3 sama dengan pengertian CSS generasi sebelumnya hanya saja beberapa standar baru untuk CSS3 menggantikan CSS2 dan mungkin akan membuat kita dapat berkolaborasi lebih dalam lagi untuk membuat tampilan situs lebih menarik dan mulai meninggalkan situs yang membuat kita menunngu dengan loading yang yang lama.
Beberapa kelebihan yang terdapat pada CSS3 :
  • CSS3 lebih detail untuk mendeklarasikan objek yang akan diberikan style. Contohnya didalam objek ‘blockquote’ bisa membuat(quote) diawal dan akhir menggunakan font lebih besar dan konten blockquote itu sendiri.
  • CSS3 kaya akan fitur untuk animasi dan efek untuk text atau objek, yang sebelumnya tidak bisa dilakukan oleh CSS1 dan CSS2.
  • Dengan menggunakan CSS3 situs yang kita buat akan lebih berkembang dan bisa lebih interaktif dengan pengunjung.
  • Bisa mengurangi ukuran file yang di-load dan lebih ringan, secara otomatis mengurangi bandwith inbound/outbound situs. 
       CSS3 juga memiliki fasilitas untuk shadow (bayangan) dari suatu div layout, fitur transparasi, gradien warna pada border, warna pada teks yang diseleksi, fitur skala untuk memperkecil atau memperbesar layout, kolom pada teks dan fitur gradien pada background serta masih banyak lagi fitur-fitur yang lainnya.
Baiklah  sampai disini artikel mengenai Perbedaan CSS dan CSS3, Semoga bisa bermanfaat, sampai ketemu dilain kesempatan 🙂

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe