Belajar PHP Part 1 : Pengenalan

April 18, 2017



BELAJAR PHP DASAR PART 1 
Pada artikel kali ini akan dijelaskan php dasar mulai menenai apa itu PHP ? dan bagaimana PHP ini bekerja. Saya mengasumsikan kepada teman - teman untuk mempelajari HTML dan CSS dahulu sebelum melangkah ke PHP, Mengapa ? belajar yang baik adalah dari step ke step dan tidak asal - asalan jika sobat langsung menginjak ke PHP maka sobat pasti akan menemukan banyak sekali eror yang mungkin tidak bisa sobat perbaiki dan sobat harus mengulang ngulang lagi, nah seperti itulah pembukaan dari artikel ini.

PENGENALAN PHP
PHP Adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan pada HTML. Apa itu Bahasa Skrip ? Bahasa skrip (bahasa Inggris: scripting language) merupakan bahasa pemrograman yang menyediakan fasilitas penerjemahan serta kompilasi kode dalam satu rangkaian proses secara integratif sehingga memungkinkan kode dibuat dapat langsung dijalankan sebagai program secara dinamis.

PHP Memiliki sifat server side karena PHP dijalankan atau dieksekusi di sisi server. Maksud dijalankan pada sisi server adalah PHP dijalankan pada komputer server bukan dari sisi komputer client. PHP ini hanya dapat dijalankan ketika file PHP tersebut diletakkan di folder webserver. Di Windows kita mengenal Xampp untuk menjalankan PHP dan di linux menggunakan LAMP Server. HTML dapat dijalankan di folder mana saja tetapi PHP hanya bisa dijalankan ketika kita meletakkanya di file webserver. PHP dapat digunakan untuk membuat CMS dan website - website besar lianya, seperti Facebook,Twitter,Instagram,Wikipedia dan lain - lain. Website dapat dikatakan website Dinamis jika ditanamkan script PHP di dalamnya

PHP Mulai dikembangkan pada tahun 1995 oleh Ramsus Lerdorf yang Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal) Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web. Untuk situs resmi dari PHP sobat dapat mengunjunginya di www.php.net . Sebelum mengenal lebih dalam mengenai PHP adakalanya kita mengetahui keunggulan dan fungsi dari PHP ini.

KELEBIHAN PHP DIBANDING BAHASA PEMROGRAMAN LAIN
Beberapa kelebihan PHP dari bahasa pemrograman web, antara lain:
  1. Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya.
  2. Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan di mana - mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.
  3. Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
  4. Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
  5. PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.
FUNGSI ATAU KEGUNAAN PHP
Jika diibaratkan sebuah rumah untuk gambaran dari fungsi PHP ini. HTML adalah sebagai pondasi dari sebuah bangunan tersebut. Pasti rumah tersebut memiliki penampilan yang kurang menarik karena hanya sebuah pondasi maka rumah tersebut diberikan cat agar terkesan lebih hidup,itulah CSS. Lalu dimana letak kegunaan PHP ? PHP Seperti filter untuk menyaring siapa saja yang boleh masuk di rumah tersebut, siapa saja yang dapat membuang dan mengolah isi dari rumah,menyimpan,menambah barang - barang yang ada di rumah. Itulah fungsi dari PHP. Jadi PHP berfungsi untuk membuat aksi dari rumah tersebut jika diemplementasikan di dunia nyata

PENULISAN SYNTAX PHP
Untuk penulisan syntax PHP diawali oleh (<?php) dan diakhiri dengan tag penutup (?>) syntax PHP dapat disisipkan di dalam bagian - bagan HTML. Kemudian diakhir syntax php diakhiri dengan tanda semicolon atau titik koma (;).
<?php
echo "Hallo Dunia !!!";
?>
Dapat dilihat pada syntax di atas. Script PHP diawali dengan <?php dan diakhiri ?> dan diperhatikan dari setiap baris syntax diakhiri dengan tanda semicolon atau titik koma (;).

Syntax echo adalah berguna untuk menampilkan data. Baik itu input maupun output. Yang dihasilkan dari contoh di atas adalah Hallo Dunia !!! .

MENJALANKAN PHP DI LOCALHOST
Apa itu localhost ? dan bagaiaman kegunaan PHP ini lebih rincinya ? akan saya jelaskan pada tutorial PHP Part 2. Jadi selalu ikuti artikel - artikel dari Blog Script Kiddies

KESIMPULAN
Simpelnya PHP ini adalah bahasa skrip yang dapat digunakan untuk ditanam dalam bagian - bagian HTML dan agar website tersebut menjadi Website Dinamis, jadi setiap data dari website tersebut disimpan di dalam database dan tidak perlu harus mengedit setiap datanya satu per satu tetapi kita dapat membuat sebuah from untuk menambahkan data secara otomatis menggunakan PHP ini. Intinya kita tidak perlu susah - susah mengedit HTML cukup membuat form dan fungsinya maka kita akan dengan mudah menambahkan data - data sesuai kebutuhan kita

REFERENSI : Malas Ngoding

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe