Belajar PHP Part 5 : Tipe Data Pada PHP

April 25, 2017

Assalamualaikum.wr.wb
Kemabali lagi dengan postingan saya kali ini saya ingin menjelaskan apa yang di maksud dengan tipe data dan bagaimana cara menuliskan sintak yang benarpada codig PHP .
1.Pendahuluan

   
Seperti bahasa pemrograman yang lainya PHP juga memiliki tipe data. Tipe Data bisa dikatakan tipe dari sebuah variabel, contohnya variabel yang berisi angka bernama integer, tipe data text yang biasa disebut dengan string. Berikut adalah semua jenis tipe data pada PHP .
  • String
  • Integer
  • Float
  • Boolean
  • Array
  • Object
  • NULL
Semua tipe data di atas sering digunakan dalam pembuatan sebuah aplikasi. Berikan akan dijelaskan semua jenis tipe data bagaimana penggunaanya dan pegertianya.

2.TIPE DATA STRING
    Tipe data string adalah tipe data yang berbentuk text. Untuk penulisan tipe data ini diawali dengan tanda petik dan diakhiri tanda petik baik itu tanda petik 1 ( ' ) atau tanda petik 2 ( " ) dua duanya bisa digunakan dan string ini diletakkan antara 2 tanda petik tersebut. Berikut contoh penulisan tipe data string
<?php
$hallo = "Hallo Dunia !";
// Variabel hallo memiliki tipe data string karena berisi teks atau kalimat
?>
Tipe data diatas berisi text yang bertuliskan "Hallo Dunia" maka variabel di atas dapat digolongkan sebagai tipe data string.

3.TIPE DATA INTEGER 
     Tipe data integer adalah tipe data yang berbentuk angka asli atau bilangan bulat. Untuk penulisan tipe data integer tidak perlu menambahka tanda petik karena akan dbaca sebagai string jika sobat menambahkan tanda petik pada tipe daa integer. Berikut ini adalah contoh penulisan tipe data integer.
<?php
$bilangan_pertama = 18;
$bilangan_kedua = 72l
// Kedua variabel di atas merupakan variabel yang bertipe data integer
Untuk cara penulisan variabel yang bertipe data integer dapat dilihat pada contoh tipe data integer di atas. Terdapat dua buah variabel yang bernama $bilangan_pertama dan $bilangan_kedua. Kedua variabel tersebut berisikan angka yang berbentuk bilangan bulat atau bilangan asli. Oleh sebab itu keda variabe di atas disebut sebagai variabel yang bertipe data integer

4.TIPE DATA FLOAT
      Tipe data loat atau disebut juga tipe data double adalah tipe data yang berisi bilangan desimal. Cara penulisanya hampir sama dengan tipe data integer kerena tidak memerlukan tanda petik awal dan di akhir isi variabel float. Berikut adalah contoh penulisan variabel yang bertipe data Float pada PHP.
<?php
$float = 29.125;
// Variabel di atas adalah variabel yang bertipe data float karena berisi bilangan desimal
?>
5.TIPE DATA BOOLEAN 
     Tipe data boolean adalah tipe data yang memiliki dua buah value atau isi. Yaitu true dan false. atau 0 dan 1, true yang disebut dengan 1 dan false disebut dengan 0. Tipe data boolean sering digunakan untuk memeriksa ketersediaan atau memeriksa nilai kebenaran pada sebuah data. Berikut adalah contoh tipe data boolean
<?php
$x = false;
$y = true;
// Variabel di atas bertipe data boolean karena berisi nilai benar atau salah
?>
Pada contoh di atas kita misalkan terdapat sebuah variabel x yang berisi nilai false/salah dan variabel y yang berisi nilai true/benar.

6.TIPE DATA ARRAY
      Array adalah sebuah tipe daya yang menyimpan banyak isi di dalam sebuah variabel. Jika diibaratkan array seperti sebuah tas yang didalamnya bisa saja berisi pulpen,buku,penggaris dan lainyua. Isi dari variabel array ditandai dengan masing - masing angka yang sudah diterapkan menurut urutanya. Berikut adalah contoh penulisan variabel bertipe data array.
<?php
$anggota = array("Andi","Budi","Joni");
// Variabel anggota di atas adalah variabelyang bertipe data array karena memiliki banyak data di dalamnya )
?>
Dapat dilihat pada contoh di atas penulisan tipe data array. Untk menggunakan tipe data array bisa menggunakan fungsi array(). Kemudian diisi dengan tipe data apa saja dan dipisahkan dengan tanda koma pad tiap-tiap isi variabel. Pada contoh variabel array anggota di atas terdapat Andi, Budi dan Joni. Dimana andi memiliki urutan 0, Budi 1, dan Joni 2. Angka yang diberikan pada tiap-tiap array dimulai dari 0. Tipe data array ini sangat sering digunakan dalam pembuatan website dinamis maka sobat harus menguasai tipe data ini, untuk pengenalan lebih lanjut akan dijelaskan pada tutorial berikutnya.

7.TIPE DATA OBJECT
       Tipe data object adalah tipe data yang menyimpan data dan informasi tentang cara mengolah data tersebut. Dalam PHP, sebuah objek harus dinyatakan secara eksplisit Pertama kita harus mendeklarasikan kelas objek. Untuk ini, kami menggunakan kata kunci class. Sebuah kelas adalah struktur yang dapat berisi properti dan method. Dengan tipe data ojek ini kita sebagai programmer dapat menulis program dengan lebih terstruktur sehingga dapat meringkas beberapa fungsi dan memperkecil ukuran file pastinya. Tipe data object ini lebih susah dipahami dari yang lain jadi dapat diistilahkan ketika seorang menguasai tipe data object ini dia bisa dikatakan sebagai programmer handal. Berikut sedikit contoh penulisan tipe data object
 <?php
class Mobil {
    function Mobil() {
        $this->model = "BMW";
    }
}

// membuat object
$bmw = new Mobil();

// memunculkan objct properties
echo $bmw->model;
?> 
Lebih jelasnya akan dijelaskan pada tutorial berikutnya.

8.TIPE DATA NULL
        Null adalah tipe data khusus yang hanya dapat memiliki satu nilai: NULL ,Sebuah variabel dari tipe data NULL adalah variabel yang tidak memiliki nilai atau kosong. Jika variabel yang dibuat tanpa nilai, maka secara otomatis diberi nilai NULL. Variabel juga dapat dikosongkan dengan menetapkan nilai ke NULL
<?php
$x = NULL;
$y = "";
// Kedua variabel di atas memiliki tipe data null karena tidak memiliki nilai
?>

9.KESIMPULAN
      Ada banyak sekali tipe data dalam PHP yang harus kita ketahui dan kita pahami, perlu diingat dari semua tipe data di atas yang memiliki level kesulitan tinggi adalah tipe object,tetapi jika sobat dapat menguasainya maka hasil yang sobat buat akan maksimal. Dan penulisan syntax akan terstruktur.

Variabel dapat menyimpan data dari berbagai jenis, dan tipe data yang berbeda dapat melakukan hal-hal yang berbeda.

10.Refrensi
  • http://www.malasngoding.com 
Yak sekain tutorial kali ini yang membahas tentang tipe data PHP jika ada yang ingin ditanyakan silahkan, Sekian Terima Kasih
Wassalamualaikum.wr.wb

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe