Belajar PHP Part 7 : Kondisi IF ELSE Pada PHP

April 27, 2017

Assalamualaikum.wr.wb
 kali ini saya masih di php.tapi dalam php sangatlah banyak karna php ini adalah termasuk coding atau sintak yang menetukan alur suatu website.
1.BELAJAR KONDISI IF ELSE PADA PHP
      Kondisi if Else bisa sobat ibaratkan dengan pengecekan jika maka pada kenyataanya. Fungsi if else sangat dibutuhkan pada saat sobat ingin memeriksa sebuah kondisi. Pada setiap logika terkadang kita memerlukan pengecekan suatu nilai yang jika terpenuhi untuk melakukan suatu dan jika pengecekan pertama tidak terpenuhi maka ada pengecekan kedua yaitu else. Dapat kia bayangkan tentang kondisi if else ini seperti misalnya sobat memiliki seorang teman. Jika nama teman anda adalah adi maka dia adalah laki - laki bukan perempuan. Mungkin sedikit sulit jika dijelaskan, Akan sangat membantu sobat untuk memahami logika kondisi if else ini menggunakan contoh yang saya sediakan. Sebelumnya simak dahulu penjelasan berikut.

      Sangat sering ketika Sobat menulis kode, Sobay ingin melakukan tindakan yang berbeda untuk kondisi yang berbeda. Anda dapat menggunakan pernyataan kondisional dalam kode Sobat untuk melakukan hal ini.

Dalam PHP kita memiliki pernyataan bersyarat berikut:

  • IF - mengeksekusi beberapa kode jika salah satu kondisi benar
  • ELSE - mengeksekusi beberapa kode jika kondisi benar dan kode lain jika kondisi itu adalah palsu / salah
  • ELSEIF - mengeksekusi kode yang berbeda selama lebih dari dua kondisi

Jika sobat masih bingung perhatikan penjelasan berikut ini

2. MENGENAL KONDISI IF ELSE PHP
      Kondisi If Else diperlukan untuk memeriksa suatu nilai untuk melakukan suatu aksi. Berikut ini adalah cara penulisan if else pada PHP.
<?php
if(kondisi){
   // Jika kondisi terpenuhi
}else{
  // Jika kondisi tidak terpenuhi
}
?>
Dan berikut ini contoh sederhana memeriksa suatu nilai menggunakan kondisi if else. Buat sebuah file php.
<?php
$teman = "adi";
if($teman == "adi"){
    echo "Dia adalah teman ku";
}else{
    echo "Dia bukanlah temanku";
}
?>
Hasilnya ketika kita jalankan di web browser


       Perhatikan pada contoh di atas. Kita memiliki sebuah variabel yang bernama teman. Kemudian isi dari teman adalah "adi". Jadi logikanya seperti ini, Jika variabel teman memiliki nilai "adi" maka akan muncul kata "Dia adalah temanku" jika tidak maka akan muncul "Dia bukan temanku" . Berhubung isi dari variabel adalah adi maka muncul kata "Dia adalah temanku".

Oke sekarang kita lanjut bagaiamana Else bekerja. Saya coba merubah variabel tadi menjadi nilai yang lain
<?php
$teman = "Alin";
if($teman == "Adi"){
    echo "Dia adalah temanku";
}else{
    echo "Dia Bukan temanku";
}
?>
Maka ketika kita eksekusi di web browser maka hasilnya seperti berikut


        Perhatikan pada syntax di atas. Nama variabel saya ganti menjadi "alin" dan kondisi yang kita buat adalah jika variabel teman adalah "adi". Jadi kondisi tersebut tidak terpenuhi dan muncul text "Dia Bukan temanku" . Jadi intinya else adalah ketika syarat tersebut tidak terpenuhi maka apa yang akan terjadi.

3.MENGENAL KONDISI ELSE IF 
        Else If digunakan untuk memeriksa kondisi jika kondisi pertama (if) tidak terpenuhi. Contohnya
<?php
$teman = "Alin";
if($teman == "Adi"){
    echo "Dia adalah temanku";
}elseif($teman == "Alin"){
    echo "Dia adalah temanku";
}else{
    echo "Dia Bukan temanku";
}
Dan ketika dijalankan


       Variabel teman berisi "Alin". Jika Variabel teman sama dengan "Adi" maka akan muncul tetxt "Dia adalah temanku" tetapi hal tersebut tidak terpenuhi karena isi dari variabel teman adalah "Alin" lalu masuk ke pengecekan kondisi ke 2 elseif variabel teman sama dengan "Alin" maka muncul text "Dia adalah temanku". Oke jadi else if ini sebagai pengecekan benar atau salah kondisi sebelumnya, jika kondisi sebelumnya benar maka else if tidak dijalankan dan ketika kondisi sebelumnya salah maka else if dijalankan

4.KESIMPULAN
       Oke jadi kesimpulanya PHP memiliki fungsi untuk cek meng cek kondisi suatu nilai . Kita bisa menggunakan If Else dan juga Else if seperti yang sudah dijelaskan di atas. Tetapi contoh di atas adalah contoh yang sangat sederhana, Website - website besar memiliki kondisi if else yang sangat wow. Jadi kondisi if else sangat penting kita terapkan dalam website atau aplikasi yang akan kita buat. Jika ada pertanyaan silahkan berikan komentar. Sekian Terima Kasih.
Wassalamaualaikum.wr.wb

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe