Cara Install WPS Office Lewat Terminal Linux

April 06, 2017

 Assalamu'alaikum wr.wb

Kali ini saya akan berbagi Cara Install WPS Office Terminal Linux.
mungkin cara ini sangatlah mudah bagi para orang IT yang dapat menginstalnya secara langsung atau masih mendownlowd aplikasinya.

1.Pengertian

WPS Office (Sebelumnya dikenal Kingsoft Office) adalah sebuah paket aplikasi perkantoran yang dikembangkan oleh pengembang perangkat lunak dari Tiongkok yang berbasis di Zhuhai, yaitu Kingsoft. WPS Office merupakan sebuah paket aplikasi perkantoran yang terdiri dari tiga komponen utama: WPS Writer, WPS Presentation, and WPS Spreadsheet.

Aplikasi perkantoran memang seringkali menjadi kendala bagi pengguna baru pada sistem GNU/Linux. Proses peralihan penggunaannya pada beberapa aplikasi menjadi beban tersendiri. Seringkali dijumpai beberapa pengguna baru maupun sudah lama menjadi kendala aplikasi yang dibutuhkan untuk pekerjaannya.

Sebagai contoh aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office, masih banyak pengguna yang seringkali menggunakan aplikasi tersebut pada sistem GNU/Linux. Hal ini secara teknis memang menyalahi aturan, namun beberapa faktor penyebab yang menjadi kebutuhan sehari-hari juga tidak bisa dielak begitu saja. Sebagai catatan, lebih baik Anda menggunakan aplikasi pada tempatnya saja. Jangan memaksakan sesuatu yang bukan pada tempat dan platformnya.

Aplikasi alternatif dari Microsoft Office ini ada banyak. Contohnya LibreOffice, WPS Office, OpenOffice.org dan sebagainya. Namun beberapa tampilan yang seringkali menyulitkan pengguna juga menjadi salah satu faktor kesulitan mereka. Nah, untuk itu aplikasi WPS Office lah menjadi solusi dari permasalahan Anda.

2.Perintah Untuk Menginstal WPS Office

Untuk 32-bit
  • cd && wget -O wps-office.deb http://kdl.cc.ksosoft.com/wps-community/download/a21/wps-office_10.1.0.5672~a21_i386.deb
  • sudo dpkg -i wps-office.deb
  • sudo apt-get -f install && rm wps-office.deb
  • wget -O web-office-fonts.deb http://kdl.cc.ksosoft.com/wps-community/download/a15/wps-office-fonts_1.0_all.deb
  • sudo dpkg -i web-office-fonts.deb
Untuk 64-bit
  • cd && wget -O wps-office.deb http://kdl.cc.ksosoft.com/wps-community/download/a21/wps-office_10.1.0.5672~a21_amd64.deb
  • sudo dpkg -i wps-office.deb
  • sudo apt-get -f install && rm wps-office.deb
  • wget -O web-office-fonts.deb http://kdl.cc.ksosoft.com/wps-community/download/fonts/wps-office-fonts_1.0_all.deb
  • sudo dpkg -i web-office-fonts.deb

Referensi:

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/WPS_Office
  2. http://migrasilinux.or.id/cara-install-wps-office/
  3. http://askubuntu.com/questions/783927/how-to-install-wps-office-via-terminal

itu saja yang dapat saya simpulkan dalam hal menginstal WPS di linux dengan cara instal langsung dari terminal, tanpa harus susah payah mendownlowd aplikasi WPS.
Wassalamu'alaikum wr.w

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe