PHP Part 3 : Mengenal Variabel Pada PHP

April 20, 2017


1.MENGENAL VARIABEL DI PHP
Oke kita sampai part 3 PHP . Setelah kemarin kita mempelajari dasar - dasar PHP yaitu kita mengenal penulisan syntax PHP yang baik dan benar dan menggunakan echo sebagai contoh dan kita eksekusi atau menjalankan synyax PHP nya lewat localhost, sekarang kita akan menginjak pada variabel dalam PHP. Apa itu variabel PHP ? dan bagaimana cara menuliskan variabel dalam PHP ini. Oke simak postingan saya.

2.PENGERTIAN VARIABEL PADA PHP
Sama seperti pada bahasa pemrograman lainya yang memiliki variabel sebagai tempat wadah atau menyimpan data sementara. Variabel bisa dikatakan sebagai tempat penyimpanan informasi atau data sementara di dalam pemrograman. Variabel bisa menyimpan data berupa integer, string dan lainya. Nilai atau isi dari variabel sendiri bisa diupdate atau diubah yang akan kita praktekkan di dalam Tutorial Mengenal Variabel Pada PHP ini. Variabel memiliki nama yang masing - masing dengan tujuan untuk memudahkan programmer untuk menandai masing - masing variabel tersebut dan memudahkan untuk pemangginal variabel nya tersebut.

3.CARA PENULISAN VARIABEL DI PHP
Penulisan Variabel di PHP mempunyai ketentuan tersendiri. Pada sub judul ini akan dijelaskan tentang bagaimana cara penulisan variabel yang benar di phpsesuai dengan ketentuan dari PHP. Berikut adalah cara penulisan variabel pada PHP.
  1. Penulisan variabel PHP diawali dengan tanda $.
  2. Variabel PHP bersifat Case Sensitive atau sensitif terhadap besar kecilnya huruf.
  3. Kemudian untuk mengisi suatu variabel bisa langsung menambahkan tanda sama denga "=".
Poin-poin di atas adalah cara penulisan variabel di PHP. Penulisan variabel di php harus diawali dengan tanda dolar $ dan kemudian dilanjutkan dengan nama variabel misalnya :
<?php
$nama;
?>
Contoh di atas adalah salah satu contoh penulisan variabel di php. Diawali dengan membuat tanda dolar $ kemudian dilanjutkan dengan nama dari variabel tersebut. Pada contoh di atas berarti variabel tersebut adalah variabel nama. Dan jangan lupakan bagaiaman cara menulis syntax PHP yang baik dan benar yaitu diawali dengan ( <?php ) dan diakhiri dengan ( ?> ) dan pada akhir baris diakhiri dengan tanda semicolon ( ; ).

Pada poin kedua seperti yang saya jelaskan di atas variabel PHP ini bersifar case sensitive yang berarti penulisan besar kecil huruf sangat peka, Sebagai contoh $nama dengan $Nama adalah dua variabel yang berbeda. Dan jika $nama sobat panggil dengan $naMa maka muncul error.

Poin ketiga mengatakan bahwa mengisi suatu nilai atau informasi yang ingin disimpan kedalam variabel php bisa menggunakan tanda sama dengan "=". Seperti contoh berikut
<?php
$nama = "Rizqi Sunggara";
$kelas = 11;
?>
Contoh di atas adalah contoh pengisian data atau informasi ke dalam variabel PHP. Perlu diperhatikan bahwa untuk mengisi data yang berupa string maka data harus di apir dengan petik ganda atau petik satu. Tetapi jika nilai dari variabel tersebut berupa angka maka tidak perlu menggunakan tanda petik.

Karena pada tutorial sebelumnya sobat telah mengetahui perintah "echo" di php yang berfungsi untuk menampilkan data maka pada tutorial ini kita akan menerapaknya juga sebagai contoh penggunaan variabel di php.

Buat sebuah file php dan disimpan pada localhost. Disini file php tersebut saya beri nama dengan belajar3.php kemudian isi dengan syntax berikut
<?php
$nama = "Rizqi Sunggara";
$kelas = 11;
echo $nama;
echo "<br>";
echo $kelas;
echo "<br>";
echo "Saya ".$nama.", dan saya duduk di bangku kelas ".$kelas;
 ?>
Kemudian akses di browse dengan alamat http://localhost/belajar3.php

Image

Perintah pada contoh syntax di atas. dan titik (.) berfungsi sebagai pemisah antara string dan variabel. Dan syntax <br> adalah syntax break pada HTML pasti sobat sudah tau.

4.UPDATE ISI VARIABEL
Variabel pada PHP juga bisa diupdate isinya. Perhatikan contoh berikut
<?php
$alamat = "Jawa Timur";
$alamat = "Probolinggo";
echo $alamat;
 ?>
dan hasilnya akan muncul Madiun ^_^.

Image

Pada contoh update isi variabel di atas dapat dilihat bahwa pertama isi dari variabel alamat adalah jakarta. Kemudian buat lagi variabel dengan isi yang berbeda maka variabel yang kedua akan muncul. Maka variabel alamat menjadi bandung.

5.KESIMPULAN
Yak sekian tutorial belajar PHP part 3 ini yang membahas tentang Variabel Pada PHP. Jadi variabel adalah tempat atau wadah untuk menyimpan sebuah data dan sewaktu - waktu dapat kita panggil variabel tersebut. Dan pemanggilan variabel ini harus berada di bawah variabel . Oke jika sobat memiliki pertanyaan silahkan berikan komentar, Sekian Terima Kasih

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe