Belajar PHP Part 11 : Perulangan for Pada PHP

Mei 03, 2017


Assalamualaikum.wr.wb
     Baik kali ini saya ingin membagi lagi apa yang sudah saya dapatkan dengan belajar php, dan pada kali ini saya ingin mengenalkan perulangan for pada php, mungkin tikdak mudah untuk kita pahami,tapi izinkan saya untuk mengenalkan kepada kalian.

1.BELAJAR PHP PERULANGAN FOR

      Perulangan For digunakan untuk membuat sebuah perulangan pada pemrograman termasuk dalam bahasa pemrograman PHP. Tujuanya hampir sama dengan perulangan while. Hanya saja perulangan while memiliki jumlah batas yang tidak diketahui. Sedangkan perulangan for memiliki batas berapa kali perulangan diulangi dan dibatasi dari perulanganya sudah ditentukan pada kondisi perulangan for.

     Untuk pemahaman yang lebih jelasnya perhatikan contoh perulangan for berikut
<?php
for($x = 0;$x <= 10;$x++){
    echo "$x";
// Menampilkan perulangan dari angka 0 sampai angka 10
}
?>
Image


       Pada contoh perulangan for pada php di atas kita menentukan nilai dari variabel x sama dengan 0, kemudian menentukan variabel lebih kecil dan sama dengan 10. Artinya bilangan 0 sampai dengan 10. Kemudian menampilkan isi dari variabel dalam bentuk perulangan for dengan menampilkanya di dalam perulangan for. Untuk penulisan fo kondisi perulangan di letakkan di dalam tanda kurung. Dan aksi dari perulanganya di letakkan di dalam tanda kurung kurawal " {} ".

       Kita juga bisa membuat perulangan yang menampilkan string dengan jumlah yang kita inginkan. Teknik ini sangat kita butuhkan pada saat membuat sebuah program. Misalnya sobat ingin menampilkan sebuah kalimat sebanyak 20 kali. Tentu akan sia - sia dan buang - buang waktu jika kita copy paste sebanyak 20 kali. Akan lebih mudah jika kita buat menggunakan perulangan for
<?php
for($text = 1;$text <= 20; $text++){
echo "Hallo Dunia<br>";
}
Image


2.KESIMPULAN
       Nah perulangan for ini hampir sama dengan while perbedaanya for memiliki batas perulangan yang jelas sementara while tidak. Kita dapat menemukan perintah ini di javascript. Oh iya jika kita salah menentukan batas dari for ini web browser kita akan berhenti karena dia akan mengulang terus menerus sehingga web browser lelah untuk me-load nya. Jika ada yang ditanyakan silahkan berikan komentar, Sekian Terima Kasih

Wassalamualaikum.wr.wb

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe